time is money :))

Monday, 14 January 2013

TANAH SURGA, katanya ~


Tanah Surga... Katanya adalah film drama Indonesia yang d tayangkan di bioskop pada 15 agustus 2012 lalu. film yang diproduseri oleh aktor Deddy Mizwar dan mengambil lokasi di kawasan Kalimantan yang menurut gue sangat inspiratif, banyak banget pembelajaran dan hikmahnya setelah nonton.. jujur gue baru nonton, iseng-iseng ke kamar junior gue. Pohan, namanya yang lagi nonton film ini, gue pun cuma nonton 10 menit terkhir, saat ada waktu memang udah niat buat nonton ulang ..

setelah nonton dari awal bisa gue tarik kesimpulan bahwa jalan cerita film ini bukanlah berniat jelek terhadap negara tetangga tersebut, tanah surga... Katanya, hanya membandingkan secara langsung bagaimana kesejahteraan yang saling bertolak belakang antara masyarakat Indonesia dan masyarakat negara tetangga yang hidup di daerah kawasaan perbatasan di pulau kalimantan, dan bagaimana masyarakat indonesia mengais rezeki di wilayah negara tetangga akibat kurangnya kepedulian pemerintah yang berujung pada hilang nya pula rasa kecintaan dan nasionalisme masyarakat di daerah tersebut terhadap negeri kelahiran mereka sendiri.

sedikit berkaca setelah nonton film ini.. sebagai anak bangsa yang kuliah merantau di negara Malaysia juga. dan memang tidak ada yang melarang untuk menuntut ilmu entah dimana. bahkan ada pepatah yang mengatakan kerjarlah ilmu sampai negeri China. tetapi bagaimana pribadi seseorang itu sendiri jika membahas tentang cinta tanah air.. dan hak kebebasan semua orang juga untuk memilih tetapi menurut gue dimana pun berada menjejakan kaki di negara mana saja . harus lah tetap cinta dengan tanah kelahiran mencintai bumi pertiwi apapun yang terjadi, INDONESIA. hal ini sudah  jadi harga mati menurut gue. 

dan rasanya semangat nasionalisme gue jg jadi semakin bertambah 
karena tokoh Salman di dalam film ini sangat patut di contoh :)


TANAH SURGA
Bukan lautan hanya kolam susu .. katanya.
Tapi kata kakekku, hanya orang-orang kaya yang bisa minum susu.
Kail dan jala cukup menghidupimu, tiada badai tiada topan kau temui .. katanya.
Tapi kata kakekku, ikannya diambil nelayan-nelayan asing.
Ikan dan udang datang menghampirimu .. katanya.
Tapi kata kakekku, ssstt.. ada udang di balik batu.
Orang bilang tanah kita tanah surga .. katanya.
Tapi kata dokter intel, yang punya surga cuma pejabat-pejabat.
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman .. katanya.
Tapi kata dokter intel, kayu-kayu kita dijual ke negara tetangga.
Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman .. katanya.
Tapi kata kakekku, belum semua rakyatnya sejahtera, banyak pejabat yg menjual kayu dan batu untuk membangun surganya sendiri.
“Puisi yang dibacakan Salman, salah satu scene di film TANAH SURGA .. katanya”

No comments:

Post a Comment